Pendidikan
Contoh soal latihan tema kelas 3 sd semester 2

Contoh soal latihan tema kelas 3 sd semester 2

Latihan Soal Tematik Kelas 3 SD Semester 2: Panduan Lengkap untuk Belajar Efektif

Semester 2 merupakan fase penting bagi siswa kelas 3 SD. Materi pelajaran yang disampaikan mulai menunjukkan tingkat kompleksitas yang lebih tinggi, menguji pemahaman konsep, kemampuan berpikir kritis, dan kreativitas siswa. Untuk menghadapi ujian dan memastikan pemahaman yang mendalam, latihan soal secara rutin menjadi kunci keberhasilan.

Artikel ini dirancang sebagai panduan komprehensif yang menyajikan contoh-contoh soal latihan tematik untuk kelas 3 SD semester 2. Soal-soal ini mencakup berbagai mata pelajaran seperti Bahasa Indonesia, Matematika, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), dan Seni Budaya dan Prakarya (SBdP), yang terintegrasi dalam tema-tema umum yang biasa dipelajari pada semester ini.

Pentingnya Latihan Soal Tematik

Contoh soal latihan tema kelas 3 sd semester 2

Pendekatan tematik dalam kurikulum SD membantu siswa melihat keterkaitan antar mata pelajaran. Latihan soal tematik tidak hanya menguji pengetahuan faktual, tetapi juga kemampuan siswa dalam:

  1. Mengintegrasikan Pengetahuan: Menghubungkan konsep dari berbagai mata pelajaran dalam satu konteks tema.
  2. Pemahaman Konsep: Memastikan siswa tidak hanya menghafal, tetapi benar-benar memahami materi.
  3. Aplikasi dalam Kehidupan Sehari-hari: Melihat relevansi pelajaran dengan lingkungan sekitar.
  4. Keterampilan Berpikir Kritis: Menganalisis informasi dan menarik kesimpulan.
  5. Kemandirian Belajar: Melatih siswa untuk belajar secara mandiri dan mengevaluasi hasil belajarnya sendiri.

Mari kita selami contoh-contoh soal berdasarkan tema-tema yang umum dipelajari di kelas 3 SD semester 2.

Tema 5: Cuaca

Tema ini mengajak siswa untuk memahami berbagai kondisi cuaca, pengaruhnya terhadap kehidupan, serta cara menyikapinya.

A. Bahasa Indonesia
Baca teks berikut, lalu jawablah pertanyaan-pertanyaannya!

Teks: Perubahan Cuaca di Desaku
Pagi itu, desa kami diselimuti kabut tebal. Udara terasa sangat dingin. Ibu mengingatkan kami untuk memakai jaket tebal sebelum berangkat sekolah. Siang harinya, kabut mulai menghilang, digantikan oleh sinar matahari yang terik. Kami bermain di lapangan dengan gembira. Namun, menjelang sore, langit mulai mendung. Kilat sesekali terlihat, dan tak lama kemudian, hujan deras turun membasahi bumi. Kami segera berlindung di rumah masing-masing. Begitulah cuaca, seringkali berubah dalam sehari.

Soal:

  1. Kondisi cuaca apa yang menyelimuti desa pada pagi hari?
  2. Bagaimana perubahan cuaca yang terjadi dari pagi hingga siang hari?
  3. Apa yang dilakukan warga desa saat hujan deras turun?
  4. Tuliskan ide pokok dari paragraf di atas!
  5. Cari dua kata yang berhubungan dengan cuaca dalam teks tersebut!

Kunci Jawaban:

  1. Kabut tebal dan udara dingin.
  2. Dari kabut tebal dan dingin menjadi sinar matahari yang terik.
  3. Segera berlindung di rumah masing-masing.
  4. Cuaca seringkali berubah dalam sehari.
  5. Kabut, dingin, terik, mendung, kilat, hujan (pilih dua).

B. Matematika

Soal:

  1. Suhu udara di kota A pada siang hari adalah 30°C. Pada malam hari, suhu turun 8°C. Berapa suhu udara kota A pada malam hari?
  2. Hujan turun selama 1 jam 45 menit. Jika hujan mulai pukul 15.30, pukul berapa hujan berhenti?
  3. Berapa banyak hari dalam 2 minggu?
  4. Sebuah data mencatat cuaca selama seminggu: Senin (Cerah), Selasa (Mendung), Rabu (Hujan), Kamis (Cerah), Jumat (Cerah), Sabtu (Hujan), Minggu (Mendung).
    a. Berapa hari cuaca cerah dalam seminggu tersebut?
    b. Cuaca apa yang paling sering terjadi?
  5. Perhatikan diagram batang berikut yang menunjukkan jumlah pengunjung ke kebun raya selama musim kemarau:
    • Minggu 1: 125 orang
    • Minggu 2: 150 orang
    • Minggu 3: 110 orang
    • Minggu 4: 175 orang
      Berapa total pengunjung ke kebun raya selama musim kemarau tersebut?

Kunci Jawaban:

  1. 30°C – 8°C = 22°C
  2. 15.30 + 1 jam 45 menit = 17.15 (Pukul 17 lebih 15 menit)
  3. 2 minggu x 7 hari/minggu = 14 hari
  4. a. 3 hari (Senin, Kamis, Jumat)
    b. Cuaca Cerah (3 hari)
  5. 125 + 150 + 110 + 175 = 560 orang

C. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)

Soal:

  1. Saat musim hujan tiba, beberapa rumah di desa mengalami kebocoran. Apa sikap yang sebaiknya kita tunjukkan kepada tetangga yang membutuhkan bantuan?
  2. Tuliskan dua contoh sikap bersatu dalam menghadapi dampak perubahan cuaca!
  3. Mengapa kita harus bersyukur atas beragamnya kondisi cuaca di Indonesia?
  4. Apa hak kita sebagai warga negara terkait cuaca?
  5. Saat cuaca dingin, kita memakai pakaian tebal. Saat cuaca panas, kita memakai pakaian tipis. Mengapa kita perlu menghargai keberagaman cara berpakaian sesuai cuaca?

Kunci Jawaban:

  1. Membantu memperbaiki atap, memberikan bantuan makanan/minuman hangat, menunjukkan rasa empati dan gotong royong.
  2. Contoh: Membersihkan selokan bersama agar tidak banjir saat hujan deras; Menolong korban bencana alam yang diakibatkan cuaca ekstrem; Bersama-sama menanam pohon untuk mencegah longsor.
  3. Karena beragamnya cuaca memberikan keberagaman hasil alam (misalnya, ada tanaman yang cocok di musim hujan, ada yang di musim kemarau), serta memberikan pengalaman dan pengetahuan yang berbeda.
  4. Hak mendapatkan informasi cuaca; Hak untuk mendapatkan perlindungan dari dampak cuaca ekstrem.
  5. Agar kita bisa hidup nyaman dan sehat di berbagai kondisi cuaca, serta menghargai pilihan orang lain yang berbeda dari kita.

D. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

Soal:

  1. Sebutkan tiga unsur cuaca yang dapat kita amati setiap hari!
  2. Jelaskan secara singkat proses terjadinya hujan!
  3. Mengapa kita harus menghemat air meskipun saat musim hujan?
  4. Apa perbedaan antara cuaca dan iklim?
  5. Tuliskan dua manfaat matahari bagi kehidupan di bumi!

Kunci Jawaban:

  1. Suhu udara, kelembapan udara, tekanan udara, angin, awan, curah hujan, sinar matahari (pilih tiga).
  2. Air di permukaan bumi menguap karena panas matahari, uap air naik ke atmosfer dan membentuk awan, awan yang semakin berat dan dingin akan berubah menjadi titik-titik air lalu jatuh ke bumi sebagai hujan.
  3. Meskipun musim hujan, air bersih tetap merupakan sumber daya yang terbatas. Menghemat air membantu menjaga ketersediaan air bersih untuk masa depan dan saat musim kemarau.
  4. Cuaca adalah kondisi udara pada suatu tempat dan waktu tertentu yang sifatnya cepat berubah (misal: cuaca hari ini hujan). Iklim adalah kondisi rata-rata cuaca dalam wilayah yang luas dan waktu yang lama (misal: iklim tropis di Indonesia).
  5. Menghangatkan bumi, membantu tumbuhan berfotosintesis, sumber energi listrik (PLTS), mengeringkan pakaian.

E. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Soal:

  1. Sebutkan dua jenis pekerjaan yang sangat dipengaruhi oleh kondisi cuaca!
  2. Bagaimana pengaruh cuaca cerah terhadap aktivitas rekreasi masyarakat?
  3. Apa saja aktivitas ekonomi masyarakat yang terganggu saat terjadi banjir akibat hujan deras?
  4. Berikan satu contoh dampak positif dan satu dampak negatif dari musim kemarau panjang bagi petani!
  5. Bagaimana masyarakat di daerah pegunungan biasanya memanfaatkan cuaca dingin untuk kegiatan ekonominya?

Kunci Jawaban:

  1. Petani, nelayan, pedagang es, tukang jemur kerupuk, pembuat batu bata (pilih dua).
  2. Masyarakat lebih suka melakukan aktivitas di luar ruangan seperti piknik, bermain di taman, berenang, atau pergi ke pantai.
  3. Perdagangan terhambat karena jalanan terendam, pertanian rusak, banyak toko atau pasar tutup, transportasi terganggu.
  4. Dampak positif: Cocok untuk menjemur hasil panen seperti padi atau garam. Dampak negatif: Tanaman layu dan mati karena kekurangan air.
  5. Menanam sayuran yang cocok di dataran tinggi (wortel, kentang, teh), membuka tempat wisata dengan suasana sejuk.

F. Seni Budaya dan Prakarya (SBdP)

Soal:

  1. Jika kamu ingin menggambar pemandangan saat hujan, warna apa saja yang akan kamu gunakan untuk langit dan awan?
  2. Buatlah pola irama sederhana menggunakan tepuk tangan dan hentakan kaki yang menggambarkan suasana ceria saat cuaca cerah! (Siswa dapat mempraktikkan)
  3. Sebutkan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat prakarya "kincir angin" sederhana dari kertas!
  4. Bagaimana cara membuat efek petir dalam gambar pemandangan?
  5. Jika kamu membuat lagu tentang cuaca, kata-kata apa yang akan kamu gunakan untuk menggambarkan cuaca mendung?

Kunci Jawaban:

  1. Langit: abu-abu gelap, biru tua. Awan: abu-abu, putih keabu-abuan.
  2. (Jawaban bervariasi, contoh: Tepuk-tepuk-hentak-tepuk-tepuk-hentak)
  3. Kertas origami/kertas tebal, gunting, paku payung/jarum pentul, sedotan/ranting kecil.
  4. Menggambar garis zig-zag berwarna kuning atau putih terang di langit yang gelap.
  5. Gelap, kelabu, murung, sendu, gerimis, awan hitam, awan kelabu.

Tema 6: Energi dan Perubahannya

Tema ini fokus pada pengertian energi, berbagai bentuk energi, sumber-sumber energi, serta bagaimana energi dapat berubah bentuk.

A. Bahasa Indonesia
Baca teks berikut, lalu jawablah pertanyaan-pertanyaannya!

Teks: Energi untuk Kehidupan
Setiap hari, kita membutuhkan energi. Energi matahari adalah sumber energi utama bagi kehidupan di Bumi. Tumbuhan menggunakan energi matahari untuk membuat makanannya. Kita makan tumbuhan atau hewan yang memakan tumbuhan untuk mendapatkan energi. Energi juga bisa berasal dari makanan yang kita makan, membuat kita bisa beraktivitas, belajar, dan bermain. Selain itu, energi listrik digunakan untuk menyalakan lampu, televisi, dan alat elektronik lainnya. Kita harus bijak dalam menggunakan energi agar tidak cepat habis.

Soal:

  1. Apa sumber energi utama bagi kehidupan di Bumi menurut teks?
  2. Mengapa kita perlu makan menurut teks?
  3. Sebutkan dua contoh penggunaan energi listrik yang disebutkan dalam teks!
  4. Apa pesan yang ingin disampaikan oleh penulis pada paragraf terakhir?
  5. Cari dua kata kunci yang berhubungan dengan "energi" dalam teks!

Kunci Jawaban:

  1. Energi matahari.
  2. Untuk mendapatkan energi agar bisa beraktivitas, belajar, dan bermain.
  3. Menyalakan lampu, televisi, dan alat elektronik lainnya.
  4. Kita harus bijak dalam menggunakan energi agar tidak cepat habis.
  5. Matahari, listrik, makanan, beraktivitas, belajar, bermain (pilih dua).

B. Matematika

Soal:

  1. Sebuah lampu belajar menyala selama 3 jam 20 menit setiap malam. Jika lampu menyala selama 5 malam, berapa total waktu lampu menyala?
  2. Sebuah keluarga menggunakan listrik 250 kWh pada bulan Januari dan 285 kWh pada bulan Februari. Berapa total penggunaan listrik keluarga tersebut selama dua bulan?
  3. Jika 1 liter bensin dapat menempuh jarak 10 km, berapa liter bensin yang dibutuhkan untuk menempuh jarak 75 km?
  4. Pembangkit listrik tenaga air (PLTA) dapat menghasilkan 1500 MW listrik. Jika kebutuhan listrik sebuah kota adalah 800 MW, berapa sisa listrik yang dapat disalurkan ke kota lain?
  5. Seorang anak mengisi daya ponselnya dari pukul 07.45 sampai pukul 09.15. Berapa lama ponsel tersebut diisi daya?

Kunci Jawaban:

  1. 3 jam 20 menit x 5 = 15 jam 100 menit = 16 jam 40 menit.
  2. 250 kWh + 285 kWh = 535 kWh.
  3. 75 km / 10 km/liter = 7.5 liter.
  4. 1500 MW – 800 MW = 700 MW.
  5. 09.15 – 07.45 = 1 jam 30 menit.

C. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)

Soal:

  1. Mengapa menghemat energi listrik merupakan salah satu bentuk pengamalan sila Pancasila? Sila ke berapa?
  2. Sebutkan dua hak dan dua kewajiban kita terkait penggunaan energi di rumah!
  3. Jika tetanggamu lupa mematikan lampu di siang hari, apa yang sebaiknya kamu lakukan sebagai warga negara yang baik?
  4. Bagaimana sikap kita terhadap penggunaan energi alternatif seperti tenaga surya atau angin?
  5. Pemerintah menggalakkan program hemat energi. Mengapa kita sebagai masyarakat harus mendukung program tersebut?

Kunci Jawaban:

  1. Pengamalan sila kelima, "Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia," karena menghemat energi berarti adil dalam pemanfaatan sumber daya alam yang terbatas untuk generasi sekarang dan masa depan.
  2. Hak: Mendapatkan penerangan di rumah, menggunakan alat elektronik. Kewajiban: Mematikan lampu saat tidak digunakan, mencabut alat elektronik dari stop kontak jika tidak dipakai.
  3. Mengingatkannya dengan sopan untuk mematikan lampu, menjelaskan pentingnya menghemat energi.
  4. Mendukung dan memanfaatkannya karena energi alternatif lebih ramah lingkungan dan terbarukan.
  5. Agar sumber energi tidak cepat habis, mengurangi pencemaran lingkungan, dan ketersediaan energi tetap terjaga untuk semua orang.

D. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

Soal:

  1. Sebutkan tiga macam bentuk energi yang kamu ketahui!
  2. Jelaskan perubahan energi yang terjadi pada alat-alat berikut:
    a. Kipas angin
    b. Lampu senter
    c. Setrika listrik
  3. Apa yang dimaksud dengan sumber energi terbarukan? Berikan satu contohnya!
  4. Mengapa matahari disebut sebagai sumber energi terbesar di Bumi?
  5. Bagaimana energi bunyi dapat dihasilkan? Berikan satu contoh alatnya!

Kunci Jawaban:

  1. Energi panas, energi cahaya, energi bunyi, energi gerak, energi listrik, energi kimia (pilih tiga).
  2. a. Kipas angin: Energi listrik menjadi energi gerak.
    b. Lampu senter: Energi kimia (dari baterai) menjadi energi cahaya.
    c. Setrika listrik: Energi listrik menjadi energi panas.
  3. Sumber energi yang dapat diperbarui atau tidak akan habis dalam waktu singkat. Contoh: energi matahari, energi angin, energi air.
  4. Karena hampir semua energi di Bumi berasal dari matahari, baik secara langsung maupun tidak langsung (misalnya, energi pada tumbuhan yang tumbuh karena matahari).
  5. Energi bunyi dihasilkan dari getaran. Contoh: Gitar, drum, suara manusia, lonceng.

E. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Soal:

  1. Bagaimana penemuan energi listrik mengubah kehidupan masyarakat? Berikan dua contoh perubahannya!
  2. Sebutkan tiga aktivitas ekonomi masyarakat yang sangat bergantung pada ketersediaan energi!
  3. Apa dampak sosial jika suatu daerah mengalami krisis energi listrik berkepanjangan?
  4. Bagaimana masyarakat di pedesaan memanfaatkan energi air untuk kehidupan sehari-hari?
  5. Jelaskan hubungan antara energi dan transportasi!

Kunci Jawaban:

  1. Malam hari menjadi terang, munculnya berbagai alat elektronik yang mempermudah pekerjaan rumah, kegiatan belajar/bekerja bisa dilakukan di malam hari.
  2. Industri pabrik, transportasi (kendaraan bermotor), pertanian (pompa air), komunikasi (ponsel, internet).
  3. Aktivitas ekonomi terhambat, komunikasi terganggu, keamanan berkurang di malam hari, kegiatan belajar terganggu.
  4. Untuk mengairi sawah, sebagai sumber air minum dan mandi, menggerakkan kincir air untuk menumbuk padi atau membangkitkan listrik sederhana.
  5. Transportasi sangat membutuhkan energi (bahan bakar seperti bensin, solar, listrik) untuk menggerakkan kendaraan seperti mobil, motor, kereta, atau pesawat.

F. Seni Budaya dan Prakarya (SBdP)

Soal:

  1. Buatlah desain poster sederhana tentang ajakan menghemat energi listrik! (Siswa dapat menggambar)
  2. Sebutkan bahan-bahan yang bisa kamu gunakan untuk membuat "kincir air" sederhana dari barang bekas!
  3. Bagaimana cara menghasilkan bunyi yang berbeda dari alat musik sederhana seperti botol berisi air dengan tinggi yang berbeda?
  4. Jika kamu membuat lagu tentang hemat energi, melodi seperti apa yang cocok untuk menggambarkan pesan tersebut?
  5. Gambarkan sebuah benda yang menghasilkan energi panas!

Kunci Jawaban:

  1. (Desain bervariasi, contoh: Gambar lampu dimatikan, tulisan "Hemat Energi, Selamatkan Bumi!")
  2. Botol plastik bekas, sedotan, stik es krim, lem, gunting, air.
  3. Tinggi air yang berbeda dalam botol akan menghasilkan nada yang berbeda saat dipukul atau ditiup (semakin banyak air, nada semakin rendah; semakin sedikit air, nada semakin tinggi).
  4. Melodi yang sederhana, mudah diingat, dan bernada ceria atau mengajak.
  5. (Gambar bervariasi, contoh: Matahari, kompor, setrika, api unggun, lilin).

Tema 7: Perkembangan Teknologi

Tema ini mengajak siswa untuk memahami berbagai jenis teknologi, manfaatnya, serta dampaknya terhadap kehidupan manusia.

A. Bahasa Indonesia
Baca teks berikut, lalu jawablah pertanyaan-pertanyaannya!

Teks: Perjalanan Telepon
Dulu sekali, komunikasi jarak jauh sangat sulit. Orang harus mengirim surat yang membutuhkan waktu berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu untuk sampai. Lalu, Alexander Graham Bell menemukan telepon. Awalnya, telepon sangat besar dan hanya bisa digunakan di tempat tertentu. Sekarang, telepon genggam atau ponsel sudah sangat canggih. Kita bisa berbicara dengan siapa saja di belahan dunia mana pun, mengirim pesan, bahkan melihat wajah lawan bicara melalui video call. Teknologi telepon terus berkembang untuk memudahkan hidup kita.

Soal:

  1. Bagaimana cara orang berkomunikasi jarak jauh sebelum ditemukannya telepon?
  2. Siapa penemu telepon?
  3. Sebutkan dua fitur canggih pada ponsel masa kini yang disebutkan dalam teks!
  4. Apa manfaat utama teknologi telepon bagi kehidupan kita?
  5. Tuliskan kalimat utama dari paragraf terakhir!

Kunci Jawaban:

  1. Mengirim surat.
  2. Alexander Graham Bell.
  3. Bisa berbicara dengan siapa saja di belahan dunia mana pun, mengirim pesan, video call.
  4. Memudahkan komunikasi jarak jauh.
  5. Teknologi telepon terus berkembang untuk memudahkan hidup kita.

B. Matematika

Soal:

  1. Sebuah pabrik roti menghasilkan 1.500 bungkus roti dalam sehari menggunakan mesin. Jika tanpa mesin hanya bisa menghasilkan 300 bungkus, berapa selisih hasil produksi dengan dan tanpa mesin?
  2. Sebuah aplikasi belajar diunduh oleh 1.235 siswa di kota A dan 987 siswa di kota B. Berapa total siswa yang mengunduh aplikasi tersebut?
  3. Sebuah truk mengangkut 45 karung gandum, setiap karung beratnya 20 kg. Berapa total berat gandum yang diangkut truk?
  4. Sebuah pesawat terbang dari kota P pukul 09.00 dan tiba di kota Q pukul 11.30. Berapa lama waktu perjalanan pesawat tersebut?
  5. Sebuah produk teknologi dijual dengan harga Rp250.000. Jika ada diskon 10%, berapa harga setelah diskon?

Kunci Jawaban:

  1. 1.500 – 300 = 1.200 bungkus.
  2. 1.235 + 987 = 2.222 siswa.
  3. 45 x 20 = 900 kg.
  4. 11.30 – 09.00 = 2 jam 30 menit.
  5. Diskon = 10% dari Rp250.000 = Rp25.000. Harga setelah diskon = Rp250.000 – Rp25.000 = Rp225.000.

C. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)

Soal:

  1. Bagaimana kita dapat menerapkan nilai persatuan dan kesatuan dalam penggunaan teknologi komunikasi (misalnya, saat bermain game online atau berkomunikasi di grup chat)?
  2. Sebutkan dua hak dan dua kewajiban kita dalam menggunakan teknologi!
  3. Mengapa kita harus bertanggung jawab dalam menyebarkan informasi melalui media sosial atau aplikasi pesan?
  4. Apa makna "gotong royong" dalam konteks pengembangan teknologi di masyarakat?
  5. Bagaimana Pancasila mengajarkan kita untuk bersikap bijak terhadap perkembangan teknologi yang begitu pesat?

Kunci Jawaban:

  1. Tidak menggunakan kata-kata kasar, menghargai pendapat orang lain, tidak menyebarkan berita bohong, bekerja sama dalam tim (jika game).
  2. Hak: Mengakses informasi, menggunakan teknologi untuk belajar. Kewajiban: Menggunakan teknologi dengan bijak, tidak menyebarkan berita bohong, menjaga etika berkomunikasi.
  3. Karena informasi yang salah atau tidak benar dapat merugikan orang lain dan memecah belah persatuan.
  4. Masyarakat bekerja sama untuk memanfaatkan teknologi demi kemajuan bersama, misalnya membangun fasilitas internet desa atau belajar bersama tentang penggunaan teknologi.
  5. Pancasila mengajarkan kita untuk menggunakan teknologi demi kemajuan bangsa dan kesejahteraan rakyat, tidak untuk hal-hal yang merusak moral atau persatuan. Teknologi harus sesuai dengan nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, dan keadilan.

D. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

Soal:

  1. Sebutkan tiga jenis teknologi yang digunakan dalam bidang pangan!
  2. Bagaimana teknologi dapat membantu manusia dalam menghemat waktu dan tenaga? Berikan satu contoh!
  3. Jelaskan perbedaan antara alat transportasi darat, laut, dan udara! Berikan satu contoh masing-masing!
  4. Mengapa penemuan roda merupakan salah satu teknologi penting bagi manusia?
  5. Bagaimana teknologi pengolahan sampah dapat membantu menjaga lingkungan?

Kunci Jawaban:

  1. Teknologi pengawetan makanan (pengeringan, pengasinan, pengalengan), teknologi pertanian (traktor, pupuk, pestisida), teknologi pengemasan.
  2. Dengan adanya mesin cuci, kita tidak perlu mencuci baju dengan tangan sehingga lebih cepat dan tidak capek. Dengan adanya kompor gas/listrik, memasak lebih cepat.
  3. Darat: Bergerak di daratan (mobil, sepeda motor). Laut: Bergerak di perairan (kapal, perahu). Udara: Bergerak di udara (pesawat, helikopter).
  4. Roda membuat benda dapat dipindahkan dengan lebih mudah dan cepat, mengurangi gesekan, dan menjadi dasar bagi perkembangan alat transportasi.
  5. Membantu mengurangi volume sampah, mengubah sampah menjadi energi atau produk lain, dan mencegah pencemaran lingkungan.

E. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Soal:

  1. Bagaimana teknologi memengaruhi cara kita berinteraksi dengan orang lain? Berikan contohnya!
  2. Sebutkan dua contoh perubahan sosial yang terjadi akibat perkembangan teknologi transportasi!
  3. Apa dampak positif dan dampak negatif dari penggunaan internet bagi anak-anak?
  4. Bagaimana teknologi pertanian modern mengubah kehidupan petani tradisional?
  5. Jelaskan peran teknologi dalam memudahkan aktivitas perdagangan antar daerah!

Kunci Jawaban:

  1. Memudahkan komunikasi jarak jauh (video call, chatting), tetapi juga bisa mengurangi interaksi tatap muka langsung.
  2. Perjalanan menjadi lebih cepat, jangkauan lebih luas, munculnya pekerjaan baru (sopir, pilot), berkurangnya penggunaan transportasi tradisional (delman).
  3. Positif: Mudah mencari informasi, belajar hal baru, berkomunikasi. Negatif: Kecanduan gadget, terpapar konten tidak pantas, kurangnya interaksi sosial langsung.
  4. Mempermudah pekerjaan (misal: membajak sawah dengan traktor), meningkatkan hasil panen, tetapi juga memerlukan modal lebih besar untuk membeli alat modern.
  5. Mempermudah pengiriman barang (logistik), memperluas jangkauan pasar melalui e-commerce, mempercepat transaksi pembayaran.

F. Seni Budaya dan Prakarya (SBdP)

Soal:

  1. Buatlah sketsa sebuah alat teknologi yang kamu impikan di masa depan!
  2. Sebutkan bahan-bahan bekas yang bisa kamu gunakan untuk membuat robot-robotan sederhana!
  3. Bagaimana teknologi dapat membantu seniman dalam menciptakan karya seni (misalnya, dalam seni musik atau seni rupa)?
  4. Jika kamu membuat iklan produk teknologi baru, elemen seni apa saja yang akan kamu tonjolkan (warna, bentuk, tulisan)?
  5. Gambarkan sebuah alat komunikasi tradisional (sebelum ada telepon) dan sebuah alat komunikasi modern!

Kunci Jawaban:

  1. (Sketsa bervariasi, contoh: Mobil terbang, robot asisten rumah tangga)
  2. Kardus bekas, botol plastik, kaleng, kawat, tutup botol, lem, gunting.
  3. Musik: Komputer dan software untuk membuat musik, rekaman. Rupa: Tablet grafis, software desain, printer 3D.
  4. Warna cerah dan menarik perhatian, bentuk futuristik, tulisan yang jelas dan informatif.
  5. Tradisional: Surat, kentongan, asap. Modern: Smartphone, laptop, tablet. (Gambar bervariasi)

Tema 8: Praja Muda Karana (Pramuka)

Tema ini berfokus pada nilai-nilai kepramukaan, sejarah, lambang, serta kegiatan-kegiatan Pramuka yang menumbuhkan kemandirian, kedisiplinan, dan semangat kebersamaan.

A. Bahasa Indonesia
Baca teks berikut, lalu jawablah pertanyaan-pertanyaannya!

**Teks: Serunya Berkemah Pramuka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *